Nostalgia Yuk! 5 Jenis Olahraga Yang Paling Sering Dilakukan Sama Anak SD

Kamu dulu waktu masih sekolah ada pelajaran olahraganya kan? Behubung bulan September ini ada Hari Olahraga Nasional yang jatuhnya pas tanggal 9, gak ada salahnya kalo kita flashback sebentar untuk mengenang olahraga apa aja yang dulu pernah kita lakukan waktu masih SD. Ya itung-itung biar kamu inget ajalah kalau tubuh itu perlu digerakin biar gak gendut.

Sepakbola

Olahraga yang paling sering dilakuin anak SD terutama yang cowok itu ya sepakbola. Seringnya sih bolanya gak seperti yang dipakai pemain bola profesional itu tapi pakai bola plastik. Dulu sih bola plastik harganya masih serebu lima ratus, belinya pun urunan duit sama temen-temen lain. Terus mainnya juga bukan dilapangan rumput tapi dilapangan basket atau lapangan semen. Jadi kalo ada yang gaya-gayaan sliding pas main bola, paling ya dengkulnya berdarah. Udah gitu gawangnya sederhana, cuma batu yang ditumpuk tiga dengan jarak kurang dari dua meter. Anak SD sih kalo main bola itu paling seneng gaprakan/adu kaki. Jadi gak ngurusin siapa yang ngegolin paling banyak, asal bisa ngegaprak kaki pemain lain aja itu udah dianggap paling jago. Terusnya juga karena bolanya terbuat dari plastik, maka kalo bolanya sering digaprak jadi cepet pecah. Kalau udah pecah paling ya dipotong jadi dua terus dijadiin helm, kemudian urunan duit lagi, beli bola lagi, main bola lagi. Gak ada capek-capeknya.

IMG_9607-copy

sumber foto: gheeds.blogspot.com

Kasti

Jika tadi olahraga sepakbola masih didominasi para cowok, lain lagi dengan kasti yang mainnya boleh diikutin cowok maupun cewek. Kamu masih inget kan di film Habibie Ainun, dimana masa kecilnya bu Ainun itu pernah main kasti di sekolah. Menurut MBDC sih kasti itu merupakan bentuk sederhana dari baseball. Karena sederhananya maka bola yang dipake juga bukan bola khusus kasti, tapi pake bola tenis yang warnanya hijau itu. Terus base yang digunakan juga digambar di atas permukaan lapangan pakai kapur. Itupun yang gambarin seringnya ya guru olahraganya. Terus waktu permainan berlangsung dan yang bertindak sebagai pemukul itu cewek cakep, pasti cowok-cowok yang demen pada gak tega buat nimpukin bolanya pas cewek itu lari dari base ke base. Ada yang sengaja dibleset-blesetin nimpuknya, ada yang nimpuknya cuma pelan banget, gak berani kenceng. Padahal kalo giliran cowok yang bertindak sebagai pemukulnya, cewek-cewek mah tega aja nimpukin bolanya.

kasti2

sumber foto: klosetide.wordpress.com

Basket

Olahraga selanjutnya yang sering dilakukan sama anak SD adalah basket. Main basketnya mah boro-boro ngadain pertandingan. Kalo anak SD sih paling baru belajar dribble bola, ngumpan bola ke temennya sama latihan shooting bola doang. Tapi ya namanya emang anak SD jadi dimaklumin lah. Yang penting bisa aktif bergerak aja biar tambah sehat. Tapi dulu sih cowok yang jago basket itu lebih dianggap laki daripada cowok yang jago sepakbola. Gak tau kok bisa kayak gitu gimana asal mulanya, sebuah stereotype yang aneh. Apa karena cowok yang pada main basket itu jadi tambah tinggi ya? Tapi kan ya nambah tinggi doang, gak nambah panjang.

Bulutangkis

Berikutnya olahraga yang sering dan mudah dimainin sama anak SD adalah bulutangkis. Kenapa dikatakan mudah, karena ya emang lebih mudah aja daripada main kasti, basket dan sepakbola. Siapa coba yang gak bisa main bulutangkis. Paling yang susah cuma belajar servis aja. Itupun belajarnya juga gak lama. Makanya itu MBDC demen sama cewek yang suka main bulutangkis, soalnya jago kalo urusan servis menservis. Halah. Terus di beberapa tempat bulu tangkis itu disebut juga dengan tepok bulu. Jadi kalo ada bulu yang lewat ya ditepok aja. Makanya buat kamu-kamu yang gak mau ditepokin, dicukur gih.

Senam

Senam yang dulu dilakukan sama anak-anak di sekolah itu adalah Senam Kesegaran Jasmani. Biasanya dulu diadainnya setiap Jumat pagi selama sekitar 15-20 menit gitu. Terus Senam Kesegaran Jasmani sendiri ada banyak versinya lho. Yang MBDC tau ada SKJ’84, SKJ’88, SKJ’93, SKJ’94 sampe yang paling booming itu adalah senam Poco-Poco. Disebut heboh karena senam Poco-Poco ini gak cuma dilakukan sama siswa-siswi sekolah aja, tapi Ibu-Ibu komplek juga seneng ikutan senam poco-poco.

sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s